Posted by Unknown in
on
-
1. Mudah diingat
Artinya elemen merek yang dipilih
hendaknya yang mudah diingat, dan disebut/diucapkan. Simbol, logo, nama
yang digunakan hendaknya menarik, unik sehingga menarik perhatian
masyarakat untuk diingat dan dikonsumsi.
2. Memiliki makna
Artinya elemen merek
hendaknya mengandung sebuah makna maupun penjelasan/ deskripsi dari
produk. Diharapkan makna ini dapat mempengaruhi konsumen untuk
mengkonsumsi produk tersebut.
Deskripsi makna yang terkandung dapat berupa:
a. informasi umum tentang kategori dan isi dari produk
b. informasi tentang komposisi penting yang ditonjolkan produk dan manfaat dari produk.
Deskripsi makna yang terkandung dapat berupa:
a. informasi umum tentang kategori dan isi dari produk
b. informasi tentang komposisi penting yang ditonjolkan produk dan manfaat dari produk.
3. Menarik dan lucu
Pendekatan lain untuk
menarik perhatian konsumen adalah dengan variasi elemen merek yang unik,
lucu, pemilihan elemen yang kaya akan visualisasi dan imajinasi. Dalam
hal ini yang ditonjolkan adalah desain yang menarik dan lucu.
4. Fleksibel
Artinya elemen merek
dapat dimengerti dan tetap dapat diterima oleh daerah/pasar, bahkan
budaya lain. Nama yang digunakan pun tidaklah terlalu sulit untuk
diterjemahkan. Seringkali pemilihan elemen merek mudah diingat oleh
masyarakat lokal, namun sangatlah sulit dimengerti oleh masyarakat lain.
Hal ini tentunya akan menghambat produsen untuk masuk dalam pasar yang
baru.
5. Legal
Artinya brand elemen tersebut sah menurut hukum dan undang–undang yang berlaku, sehingga berada di bawah perlindungan hukum.
Hal – hal yang berkaitan erat dengan merek adalah :
1. Nama merek (brand name), yaitu bagian dari suatu merek yang dapat diucapkan atau dilafalkan. Contoh : Avon, Toyota, Disneyland, Pepsodent, dan lain-lain.
2. Tanda merek (brand mark), yaitu bagian dari merek yang dapat dikenali, namun tidak dapat dibaca atau diucapkan. Tanda merek ini berupa logo, simbol, warna, gambar, desain.
Hal – hal yang berkaitan erat dengan merek adalah :
1. Nama merek (brand name), yaitu bagian dari suatu merek yang dapat diucapkan atau dilafalkan. Contoh : Avon, Toyota, Disneyland, Pepsodent, dan lain-lain.
2. Tanda merek (brand mark), yaitu bagian dari merek yang dapat dikenali, namun tidak dapat dibaca atau diucapkan. Tanda merek ini berupa logo, simbol, warna, gambar, desain.
Hello Friends
deesignmaker.blogspot.com
Contact Person :
Tonny C.S
Jl. Mahendradatta - Denpasar-Bali
+6281805685757
BBM : 21DA2966
Email & Facebook :
kapten_tonny@yahoo.com
deesignmaker@gmail.com
Contact Person :
Tonny C.S
Jl. Mahendradatta - Denpasar-Bali
+6281805685757
BBM : 21DA2966
Email & Facebook :
kapten_tonny@yahoo.com
deesignmaker@gmail.com
Blog Archive
-
▼
2013
(24)
-
▼
March
(22)
- PENTINGKAH SKETSA DALAM DISAIN GRAFIS?
- DISAIN GRAFIS DAN PERANNYA
- TUJUAN PENCIPTAAN LOGO
- ISTILAH DALAM DUNIA DISAIN GRAFIS
- MENGENAL JENIS-JENIS KERTAS
- PRINSIP DAN UNSUR UTAMA DALAM DISAIN GRAFIS
- TIPS CETAK DIGITAL YANG MEMUASKAN
- MENYUSUN NASKAH IKLAN YANG POWERFUL
- BILBOARD YANG EFEKTIF
- TYPOGRAPHY DALAM SEBUAH LOGO
- TRIK MEMBUAT MERK YANG MENJUAL
- TIPS DAN TRIK PRA CETAK
- KOMPOSISI DISAIN GRAFIS
- ARTI GARIS DALAM SEBUAH LOGO
- ARTI WARNA PADA SEBUAH DISAIN
- ARTI BENTUK DALAM LOGO
- BENTUK DAN MACAM EXTENSIONS FILE IMAGES
- PENGERTIAN DIGITAL PRINTING
- UNSUR SEBUAH DISAIN
- BRANDING DALAM PEMASARAN
- FUNGSI SEBUAH MERK / BRAND
- KRITERIA DALAM ELEMEN MERK
-
▼
March
(22)
Followers
Total Pageviews
CONNECT WITH US
Popular Posts
-
Ada beberapa istilah yang sering digunakan dalam dunia percetakan, diantaranya : Additive Color yaitu warna primer yang terdiri d...
-
Secara umum pengertian digital printing adalah proses pencetakan gambar/citra digital ke permukaan material atau media fisik. Umumnya p...
-
Desain yang menarik bila sebuah desain tersebut indah dipandang atau kerena konsepnya kreatif tapi tepat sasaran. ada sebagian yang kre...