Warna sejak lama diketahui bisa memberikan pengaruh terhadap psikologi,
emosi serta cara bertindak manusia. Warna juga menjadi bentuk komunikasi
non verbal yang bisa mengungkapkan pesan secara instan dan lebih
bermakna yang sering digunakan para marketer atau komunikasi visual yang
handal untuk tujuan branding, sales/penjualan serta marketing
perusahaan. Misalnya warna merah berarti gagah atau putih yang dikaitkan
dengan kesucian pada pembuatan logo perusahaan.
Bahkan, ada
ilmu komunikasi visual yang menggunakan warna untuk terapi warna atau
yang disebut colourology (menggunakan warna untuk meyembuhkan). Metode
ini sudah dipraktekkan oleh banyak kebudayaan kuno seperti Mesir dan
Cina. Mata kita bisa menangkap tujuh juta warna yang berbeda. Tetapi ada
beberapa warna utama yang bisa memiliki dampak pada kesehatan dan mood
yang pada akhirnya akan mendorong konsumen untuk lebih loyal terhadap
produk perusahaan. Setiap warna memancarkan panjang gelombang energi
yang berbeda dan memiliki efek yang berbeda pula. Dengan menggunakan
berbagai nuansa warna pada materi promosi, branding, marketing,
corporate identity serta logo perusahaan dapat membawa harmoni,
stabilitas, keseimbangan dan peningkatan penjualan yang mengagumkan.
ARTI WARNA MERAH
Merah adalah warna yang paling
sering menarik perhatian. Warna memilki karateristik merangsang saraf,
kelenjar adrenal (endokrin) dan saraf sensorik. Merah juga meningkatkan
sirkulasi darah dan kereaktivan darah itu sendiri. Warna merah juga
paling ampuh untuk merangsang dan meningkatkan energi fisik, memperkuat
motivasi, meningkatkan sirkulasi, dan berkaitan dengan seksualitas.
Merah juga membangkitkan emosi dan menciptakan perasaan kegembiraan atau
intensitas. Tetapi pada saat yang sama, warna ini dapat dianggap
sebagai tuntutan dan sikap agresif. Merah adalah warna yang kuat
sekaligus hangat. Biasanya di gunakan untuk memberikan efek psikologi
panas , berani ,marah dan berteriak. Beberapa studi juga
mengindentifikasi merah sebagai warna yang sexy. Didalam desain, kita
bisa menggunakan warna merah sebagai aksen karena sifatnya yang kuat.
Misalnya, pada logo hitam putih di berikan aksen warna merah sedikit
saja sudah bisa membuat logo tersebut menjadi terlihat berbeda.
ARTI WARNA KUNING
Kuning adalah warna cerah yang dapat menarik banyak perhatian. Warna
ini bisa dipakai sedikit untuk pemberitahuan, seperti cahaya kedua lampu
rem yang berada dikendaraan. Warna kuning menstimulasi berbagai fungsi
tubuh, seperti aliran empedu dan cara kerja hati. Ia memiliki sifat
pencahar dengan cara mempromosikan sekresi asam lambung dan membantu
pembuangan usus. Kuning juga berhubungan dengan intelektual dan proses
mental. Warna cerah ini juga merangsang otak serta membuat Anda lebih
waspada dan tegas. Kuning adalah warna yang ceria, menyenangkan dan
penuh energi. Tidak heran warna kuning identik dengan mainan anak-anak.
Kuning juga biasanya di gunakan untuk mendapatkan perhatian dari orang
yang melihat desain logo. Karena begitu kuatnya warna kuning ini,
seringkali di gunakan untuk mendapatkan perhatian orang. Ingat rambu
lalu lintas yang memberikan tanda bahaya? Semua di dominasi warna kuning
atau merah karena sifatnya menarik perhatian.
ARTI WARNA ORANGE
Orange ialah kombinasi warna merah dan kuning. Merupakan warna hangat
dan ramah yang membuat orang merasa nyaman. Orange berhubungan dengan
cakra sakral dan diyakini bermanfaat untuk ginjal, saluran kemih dan
organ repoduksi. Dia juga meningkatkan metabolisme, memperkuat
paru-paru, limpa dan pankreas. Oranye adalah hasil peleburan merah dan
kuning, sehingga efek yang di hasilkan masih tetap sama, yaitu kuat dan
hangat. Warna ini (selain merah dan biru) sering di gunakan pada tombol
website yang penting, seperti buy now , register now dan lainnya yang
sejenis, istilahnya adalah call to action button. Dari sisi psikologis
sebenarnya warna oranye memberikan kesan tidak nyaman, dan sedikit
gaduh. Mungkin karena sebab itulah warna ini paling banyak di pakai
untuk menarik perhatian orang.
ARTI WARNA BIRU
Dari semua warna dalam spektrum, biru adalah warna yang bisa
meningkatkan nafsu makan untuk itu disarankan menempatkan makanan di
piring biru. Biru juga dapat memperlambat denyut nadi dan suhu tubuh
lebih rendah. Ini adalah warna yang menenangkan dan diyakini mengatasi
insomnia, kecemasan, masalah tenggorokan, tekanan darah tinggi, migrain
dan iritasi kulit. Warna ini juga meningkatkan ekspresi verbal,
komunikasi, ekspresi artistik dan kekuatan. Biru yang kuat (biru tua)
akan merangsang pemikiran yang jernih dan biru muda akan menenangkan
pikiran dan membantu konsentrasi. Biru adalah warna favorit para pria
dan termasuk warna yang dingin. Kalau di dunia desain logo, biru sering
di sebut warna corporate karena hampir semua perusahaan menggunakan
warna biru sebagai warna utamanya. Tidak heran memang, karena biru
merupakan warna yang termasuk tenang dan bersifat profesional. Efek
lain warna biru adalah sering di anggap sebagai warna yang melambangkan
kepercayaan dan trustfulness. Biru juga bisa di pakai untuk menurunkan
nafsu makan atau meningkatkan gairah. Jadi gunakanlah warna biru untuk
mendesain box obat diet atau obat kuat pria.
ARTI WARNA VIOLET UNGU
Warna ini membawa perasaan damai dan saling memahami. Warna ini juga
membantu tidur Anda. Dari kelompok warna-warna lain radian warna violet
ini dipercaya akan menghambat perkembangan tumor. Nafsu makan tidak
terkendali bisa dikendalikan oleh warna ini. Warna ini juga dikatikan
dengan spiritualitas, intuisi, kebijaksanaan, penguasaan, kekuatan
mental dan fokus. Ungu adalah warna yang memberikan kesan spiritual,
kekayaan dan kebijaksanaan yang kebanyakan di dominasi warna ungu. Ungu
juga warna yang unik karena sangat jarang kita lihat di alam. Dengan
menggunakan warna ungu kita bisa memberikan kesan unik pada desain logo
kita, baik kita menggunakan secara dominan atau hanya sebagai aksen
saja.
ARTI WARNA HIJAU
Hijau dikaitkan dengan dunia alam. Karena hubungannya dengan alam,
hijau dianggap sebagai warna menenangkan dan santai. Warna ini dapat
membantu orang yang sering merasa tegang. Hijau akan menyeimbangkan
emosi, menciptakan keterbukaan antara Anda dan orang lain. Warna ini
juga terkait dengan cakra jantung sehingga dipercaya membantu masalah
emosional, seperti cinta, kepercayaan, dan kasih sayang. Para peneliti
juga menemukan warna hijau dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Para siswa yang membaca materi tulisan di atas lembaran hijau transparan
akan meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman. Efek rileksasi dan
menenangkan dari warna ini mungkin jadi penyebabnya. Hijau adalah warna
yang tenang karena biasanya di kaitkan dengan lingkungan dan alam. Di
dalam desain, kita bisa menggunakan warna hijau untuk memberikan kesan
segar. Dan dengan mudah kita bisa memberikan nuansa membumi dengan
kombinasi warna hijau dan coklat gelap.
ARTI WARNA COKLAT
Coklat adalah warna bumi, memberikan kesan hangat, nyaman dan aman.
Namun selain itu, coklat juga memberikan kesan sophisticated karena
dekat dengan warna emas. Bisa di bayangkan kesan mahal dan ekslusif pada
desain logo dengan kombinasi warna hitam dan coklat muda. Dan tidak
lupa, coklat juga bisa memberikan nuansa dapat di andalkan dan kuat.
Warna coklat ini biasanya di gunakan di firma hukum sebagai warna utama
dalam desain logo perusahaan mereka.
ARTI WARNA MERAH MUDA
Merah muda adalah warna yang feminin, kalau menggunakan warna ini pasti
kamu berurusan dengan sesuatu yang bersifat kewanitaan. Efek cinta
romantis juga bisa timbul dari warna merah muda ini, agak sedikit
berbeda dengan warna merah yang lebih menggambarkan berani. Tetapi
banyak juga desain logo perusahaan yang berani menggunakan warna merah
muda ini dengan terang-terangan. Misalnya dengan kombinasi hitam dan
merah muda sebuah desain bisa menjadi terlihat unik.
ARTI WARNA INDIGO
Warna-warna nila ini dipercaya akan meningkatkan intuisi dan
memperkuat sistem getah bening, kekebalan tubuh dan membantu memurnikan
serta membersihkan tubuh.
ARTI WARNA PUTIH
Pilihlah warna putih untuk meredakan rasa nyeri. Putih juga meberikan
aura kebebasan dan keterbukaan. Rumah sakit dan pekerja rumah sakit
menggunakan warna putih untuk menciptakan kesan steril. Namun, terlalu
banyak banyak warna putih dapat memberikan rasa sakit kepala dan
kelelahan mata karena cahaya yang dipantulkan. Putih adalah warna yang
murni, tidak ada campuran apapun. Makanya sering di anggap sebagai warna
yang menimbulkan efek suci dan bersih. Ketika kita ingin membuat desain
yang simple dan minimalis, menggunakan warna putih adalah langkah yang
tepat (walaupun bukan cara satu-satunya).
ARTI WARNA HITAM
Hitam adalah warna yang gelap, suram, menakutkan tetapi elegan. Karena
itu elemen apapun jika di taruh di atas background hitam akan terasa
lebih bagus (misalnya, pada waktu menampilkan foto, portfolio atau
produk).
Dengan pemahaman efek dari berbagai macam warna ini maka
Akarapi mampu menerapkannya dalam dunia komunikasi visual, marketing,
materi promosi (brosur, undangan, x banner, leaflet) , corporate
identity (kop surat, kartu nama, amplop) hingga pembuatan desain logo
perusahaan yang menjadi titik awal dari program branding yang sukses dan
berhasil. Warna berfungsi untuk memberikan vibrasi tertentu di dalam
suatu desain logo. Begitu hebatnya kekuatan warna, sehingga bisa
memberikan efek psikologis dan kesan yang mendalam kepada semua orang
yang melihatnya. Malah di dalam terapi kesehatan, warna tertentu di
gunakan untuk membantu pasien menjadi lebih cepat sembuh.
Hello Friends
Contact Person :
Tonny C.S
Jl. Mahendradatta - Denpasar-Bali
+6281805685757
BBM : 21DA2966
Email & Facebook :
kapten_tonny@yahoo.com
deesignmaker@gmail.com
Blog Archive
Followers
Total Pageviews
CONNECT WITH US
Popular Posts
-
Ada beberapa istilah yang sering digunakan dalam dunia percetakan, diantaranya : Additive Color yaitu warna primer yang terdiri d...
-
Secara umum pengertian digital printing adalah proses pencetakan gambar/citra digital ke permukaan material atau media fisik. Umumnya p...
-
Desain yang menarik bila sebuah desain tersebut indah dipandang atau kerena konsepnya kreatif tapi tepat sasaran. ada sebagian yang kre...